SEARCH :

Custom Search

Sunday, April 15, 2007

Mendayagunakan Flashdisk sebagai RAM


Anda semua pasti sudah sering mendengar istilah flashdisk dan RAM. USB flash drive atau yang biasa dikenal dengan sebutan flashdisk, adalah memory penyimpan data yang berintegrasi dengan USB (Universal Serial Bus). Flashdisk pertama kali diluncurkan secara resmi sekitar tahun 1998. Flashdisk sekarang sudah menjadi benda yang sangat umum di masyarakat, hal ini disebabkan oleh faktor ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, serta kapasitasnya yang cukup besar yang sekarang sudah mencapai hingga 2 GB, sehingga dapat untuk menyimpan banyak data. Kelebihan-kelebihan tersebut membuat flashdisk mulai menggantikan disket yang dulu banyak di pakai.
RAM adalah memory yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data sementara. RAM juga berguna untuk menyimpan sementara (temporer) file-file program yang dijalankan pada saat kita bekerja dengan komputer kita. Flashdisk dan RAM, jika dilihat dari fungsinya sehari-hari bagi kita, mungkin tidak akan pernah Anda bayangkan akan dapat saling berintegrasi bukan? Namun dengan majunya tekhnologi sekarang, hal apapun dapat menjadi mungkin. Windows Vista memperkenalkan Windows ReadyBoost, konsep baru dalam menambahkan memory ke dalam komputer. Dengan Windows ReadyBoost, Anda dapat memasang flashdisk ke komputer Anda dan menggunakannya sebagai RAM.

Menambah memory (dalam hal ini RAM) adalah jalan terbaik untuk meningkatkan kinerja dari komputer. Banyak memory berarti lebih banyak aplikasi yang siap dijalankan tanpa harus mengakses harddisk terlebih dahulu, tetapi menambah memory dihadapkan pada kendala yang banyak, selain memerlukan biaya yang cukup mahal, beberapa mesin mempunyai keterbatasan dalam hal memory, yang mengakibatkan kita tidak dapat menambah RAM. Dengan Windows ReadyBoost, Anda dapat meningkatkan performa komputer anda tanpa perlu menambahkan RAM.
Windows ReadyBoost sangat mudah digunakan. Ketika removable memory seperti flashdisk dipasangkan ke komputer, Windows Vista akan memeriksa apakah flashdisk tersebut cukup cepat untuk digunakan oleh Windows ReadyBoost. Jika ya, Anda akan diberi pertanyaan apakah Anda ingin menggunakan USB tersebut untuk meningkatkan kinerja dari system. Saat digunakan flashdisk akan menyediakan cache memory, cache memory tersebut akan digunakan sebagai virtual RAM bagi komputer anda.
Flashdisk yang Anda gunakan minimal adalah USB 2.0, karena device yang digunakan harus mempunyai kecepatan hingga 3,5 MB/s. Flashdisk yang di gunakan untuk RAM, minimum 1,5x dari RAM yang terpasang. Misalkan RAM komputer Anda 1 GB, maka agar hasilnya terlihat, minimum flashdisk nya sebesar 1,5 GB. Ini juga berlaku bagi flashdisk tertentu yang mempunyai data transfer yang cepat, jika terlalu lambat flashdisk tersebut tidak bisa digunakan untuk Windows ReadyBoost.

1 comment:

Andregate said...

TkankZ... inFonya beranfaat bangedd...

boleh Aq copy Nggak??