SEARCH :

Custom Search

Thursday, April 12, 2007

Looking Glass 3D desktop...


Looking Glass atau yang biasa disebut lg3d ,adalah 3d desktop buatan dari sun microsystem..
Dilihat dari themenya yang seperti glass dan effect-effectnya,aku menganggap desktop ini mempunyai tampilan paling keren^^. Selain tampilan tersebut,ada keistimewaan lain yaitu selain aplikasi bawaan dari desktop tersebut,kita juga dapat menjalankan aplikasi standart kita dengan theme menyerupai glass tersebut tanpa harus menyetting apapun juga.
Cara instalasi dari lg3d ini pun cukup mudah,hanya perlu sekitar 5-10 menit saja..:p
Pertama kita harus mendownload packet binarynya dari web sun.. packet-packetnya tersedia untuk windows maupun linux,jadi pengguna windows pun dapat menggunakan desktop tersebut.=)
Cara instalasinya adalah sbb:

Copykan packetnya ke directory /usr/share
#cp lg3d.x.x.x.bin /usr/share
masuk ke direktory /usr/share
#cd /usr/share
extract packet tersebut
#./lg3d.x.x.x.bin
Anda akan mendapat directory lg3d,masuklah ke directory tersebut dan carilah directory bin
#cd lg3d/bin
jalankan executable dari lg3d tsb.. Ada 4 seh executablenya (postinstall,lg3d-dev,lg3d-app,dan lg3d-app-full) tetapi
kita cukup menjalankan postinstall dan lg3d-app-full saja, postinstall adalah script untuk menginstall lg3d pada session sedangkan lg3d-app-full untuk menjalankan desktop lg3dnya..
#./postinstall
#./lg3d-app-full
mudah bukan? dengan langkah-langkah sederhana seperti diatas ,kita dapat memiliki desktop yang menarik dan keren.. Sayangnya desktop ini masih sangat berat,jadi yah..,hanya dapat untuk pamer saja m temen-temen..^^
mungkin setelah dikembangkan lagi (proyek lg3d adalah proyek open source yang dikembangkan bersama-sama, tidak hanya oleh sun saja) dapat lebih ringan ,sehingga dapat dijadika home desktop kita..=)

No comments: