SEARCH :

Custom Search

Friday, April 13, 2007

Add More Accessories on Your Desktop


Perkembangan sistem operasi komputer saat ini bergerak dengan sangat cepat. Hal tersebut bisa dilihat dari munculnya Windows Vista ataupun berbagai distro Linux seperti Mandriva 2007, Fedora Core 6, Slackware 11 dan masih banyak lagi. Fitur-fitur yang disediakan oleh masing-masing produk untuk memanjakan pengguna juga semakin beragam macamnya.
Jika dilihat dari sisi tampilan desktopnya, telah muncul inovasi desktop 3 dimensi dengan disertai efek-efek yang menarik dan beragam. Selain efek 3 dimensi, ada asesoris tambahan yang menarik untuk desktop anda. Bagi pengguna Microsoft Windows dan Mac OS X tersedia Yahoo!Widget, sedangkan untuk pengguna Linux tersedia gDesklet dan Super Karamba.
gDesklet dan Super Karamba sebenarnya mempunyai tampilan yang hampir sama menariknya. Yang membedakannya hanya terletak pada Window Managernya. Perlu diketahui, di dalam Linux terdapat beberapa macam Window Manager yang bisa dipilih untuk berganti suasana tampilan. Window Manager tersebut antara lain Gnome, KDE, Fluxbox, IceWM, Blackbox, Xfce, dan Fvwm.
Super Karamba diperuntukkan bagi pengguna Window Manager KDE, sedangkan gDesklet diperubtukkan bagi pengguna Window Manager Gnome. Namun tidak menutup kemungkinan gDesklet dapat dijalankan pada Window Manager KDE dan Xfce.

gDesklet merupakan aplikasi di belakang layar yang menyediakan arsitektur tambahan untuk desktop dalam bentuk applet. Applet-applet kecil yang berjalan dalam gDesklet disebut dengan desklet. gDesklet dibuat oleh Martin Grimme, Christian Meyer, dan Jesse Andrews. Paket gDesklet beserta koleksi desklet-deskletnya dapat di download di http://gdesklets.gnomedesktop.org.
Tujuan utama applet diletakkan pada desktop adalah agar user lebih cepat memperoleh informasi tanpa harus meninggalkan aktifitasnya pada saat itu. Namun pada perkembangannya saat ini, sebuah desktop applet juga digunakan untuk mempercantik tampilan pada desktop anda.
Banyak desklet-desklet yang tersedia di website gDesklets, beberapa diantaranya adalah tampilan jam, calendar, ramalan cuaca, RSS feed aggregators, control untuk aplikasi lain (seperti Media Pelayer dan Gaim), toolbar animasi, system monitor, status meters, icon bars, news tickers, pemakaian CPU, pemakaian RAM, pemakaian Harddisk, CPU temperatur,dan banyak lagi tampilan lain yang sangat menarik untuk desktop serta dapat disesuai dengan keinginan anda.
Tampilan desklet pada desktop benar-benar tampak menyatu dengan wallpaper , tidak dapat dibedakan antara desklet atau sekedar wallpaper,seakan-akan itu bukan sebuah aplikasi yang berjalan pada desktop anda. Setelah dijalankan, desklet akan selalu di desktop anda dan tinggal digunakan ketika anda membutuhkannya. Saat tidak digunakan, desklet akan menjadi eye candy yang sangat menarik, desktop anda akan tampil seperti desktop komputer dengan berbagai aplikasi berteknologi tinggi yang sering muncul di film-film fiksi ilmiah.
Anda bebas berkreasi untuk menampilkan apa saja yang ingin anda tampilkan. Anda tidak harus mendownload desklet-desklet yang ada diinternet karena kita dapat membuat desklet kita sendiri dengan mudah. Desklet yang ada sekarang dibuat dengan ADL (Applet Description Language). ADL adalah bahasa untuk mendeskripsikan user interface pada gDesklets ,ADL berbasis pada bahasa XML yang di desain flexsibel dan sangat mudah dipelajari. Hanya dengan 11 baris ,anda sudah dapat menampilkan desklet berupa jam atau calendar buatan anda sendiri dan tidak kalah bagusnya dari desklet-desklet diinternet. Bila anda cukup kreatif, anda dapat membuat desklet multimedia sendiri dengan tampilan-tampilan menarik.
Bagi pengguna Windows dan Mac OS yang berminat menggunakan Yahoo! Widget dengan fitur seperti gDesklet, dapat mengunjungi http://widgets.yahoo.com untuk mengunduh program instalasi dan koleksi Widget. Koleksi yang tersedia antara lain tampilan untuk scrolling translation,info bar,CPU tracker,system gauge,remote desktop,web cam,dan masih banyak lagi koleksi lainnya dengan fitur-fitur yang cukup menarik.

No comments: